• Selamat Datang di Website Dealer Resmi Honda Mobil Pekalongan Kami siap melayani anda!
Mengenali karakter kerusakan mobil melalui asap knalpot

Mengenali karakter kerusakan mobil melalui asap knalpot

7 Juli 2021 | Tips | 0 Komentar

Mengenali karakter kerusakan mobil melalui asap buang, Halo sahabat Hondamobil-pkl.com Untuk memahami status mesin kendaraan tidak hanya dapat dilakukan dengan mencentang hanya mesin. Tetapi kita dapat melihat warna asap yang keluar dari knalpot mobil.

Knalpot adalah saluran sampah dari mesin kendaraan, sisa pembakaran yang dirilis dapat menjadi indikasi yang sehat atau bukan mesin. Akibatnya, pemilik mobil dapat memeriksa kesehatan mobil melalui warna asap yang dipancarkan oleh mobil sebagai deteksi dini. sahabat wajib mengetahui dan belajar Cara Mengenali Kerusakan Mesin dari Warna Asap Knalpot

Hendrik, yang merupakan salah satu mekanik dari lokakarya Nasmoco Solo, Java Central mengkonfirmasi hal ini. Menurutnya, itu hanya dapat menjadi indikasi awal karena kelanjutan dari perbaikan dapat segera dipinjam dari lokakarya resmi.

“Jika itu datang dengan tanda bahwa dia tidak sehat, kecuali ketika memanaskan pagi selalu masuk akal. Hal yang tidak normal adalah bergerak dari asap terus menerus,” kata Hendrik.

Keadaan mobil normal tidak boleh menghilangkan asap berlebihan. Asap yang dirilis oleh mobil dalam kondisi normal juga berwarna.

“Jika asap keluar dari hitam pada mesin bensin, penyesuaian mobil biasanya terlalu sia-sia, ada pembakaran yang tidak sempurna. Umumnya disertai dengan bau gas mentah,” kata Hendrik.

Sementara jika asap keluar dari knalpot mobil putih diberi tahu tentang kebocoran minyak dan masuknya ruang pembakaran sehingga menghasilkan asap tebal.

“Jika warnanya putih, biasanya ada bocor minyak dan memasuki ruang pembakaran. Ini mungkin komponen yang rusak seperti cincin dan segel karet yang sudah usang,” kata Hendrik.

Mengenali karakter kerusakan mobil melalui asap knalpot

Mengetahui kondisi mobil yang di bawa dari asap knalpot, pemilik mobil dapat segera membawanya ke bengkel sehingga tidak ada kerusakan yang lebih serius.

Untuk mesin dengan bahan bakar bensin, normalnya asap yang keluar tidak terlihat. Tapi jika knalpot tiba-tiba mengeluarkan asap putih pekat, bisa jadi masalahnya berada pada ring piston yang sudah aus, baik karena usia atau karena faktor jarang ganti oli.

Sementara untuk mobil diesel, asap putih dan pekat yang dikeluarkan knalpot bisa jadi tanda jika sistem pembakaran solar tidak bekerja secara maksimal. Hal ini bisa disebabkan karena jumlah solar di ruang bakar terlalu banyak, sehingga tidak dibakar sempurna.

Asap hitam dan biru

Selain asap putih pekat, knalpot mobil pun bisa mengeluarkan asap berwarna hitam. Untuk mobil diesel mungkin ini normal, tapi untuk mobil dengan bahan bakar bensin, asap hitam merupakan tanda pembakaran yang tidak sempurna. Biasanya, masalah ini diiringi juga mobil yang boros bensin.

Untuk menangani masalah ini, Anda harus mengecek kondisi filter udara dan komponen lainnya yang berhubungan dengan sistem pembakaran, misalnya sensor, fuel pressure regulator dan injeksi bahan bakar.

Sedangkan untuk asap berwarna biru, kondisi ini umumnya disebabkan karena terbakarnya oli bersama bahan bakar di ruang bakar mesin. Umumnya masalah ini kerap menimpa mobil atau kendaraan yang sudah tua, jarak tempuh yang sudah panjang, atau penggunaan mobil yang kurang baik.

Jika masalah ini terjadi, sebaiknya Anda harus segera periksa volume oli secara teratur. Jika terlihat berkurang, sebaiknya langsung tambahkan atau segera ganti oli jika oli yang digunakan sudah tidak layak pakai lagi (sudah hitam dan mengental).

Related Post

Tips Merawat Mobil Matic Agar Awet Muda
Terbit : 7 Juli 2021

Tips Merawat Mobil Matic Agar Awet Muda

Perangkat transmisi mobil otomatis sangat berbeda dari mobil manual, setidaknya Anda perlu memahami karena operator mobil perlu perhatian khusus, ada beberapa perangkat, antara lain

0 Komentar